PROPOSAL BISNIS DUNIA KADO
Dunia Kado
BAB I
Pendahulun
1.1 Latar Belakang
Untuk toko "Dunia kado" dianggap masih relevan cocok untuk dijadikan sebuah bisnis.Bisnis dunia kado ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan berbagai macam jenis aksesoris,outfit dan berbagai macam barang lainnya. Dengan kualitas yang kreatif dan menarik.
Dunia kado ini mempunyai berbagai macam warna yang unik dengan hiasan dan design yang menarik dan kekinian.Memberikan suatu hadiah atau kado kepada seseorang sebagai ungkapan perhatian atau lainnya dan hal ini sering dilakukan oleh orang-orang yang ingin memberikan ungkapan rasa sayang dan perhatian.
Remaja adalah salah satu pertimbangan kami untuk mendirikan usaha ini.Mengingat produk-produk yang kami hasilkan peminatnya rata-rata dari kalangan remaja.
1.2 Visi dan Misi
Visi:
-Menjadi toko dunia kado yang menyajikan produk² yang terbaik dalam clothing, aksesoris dan berbagai macam lainnya.
Misi:
- Memiliki kualitas pelayanan terbaik dengan memenuhi semua kebutuhan klien.
-Menawarkan produk dunia kado yang dibuat dengan penuh kecermatan dan ketelitian sehingga dapat menghasilkan produk kreativitas yang unik dan menarik.
-Menempatkan kepuasan pelanggan sebagai komitmen dan prioritas utama.
1.3 Tujuan
•Tujuan mendirikan toko dunia kado ini adalah untuk memupuk jiwa wirausaha kewirausahaan dan memberikan solusi atas masalah seseorang dalam mencari sebuah suprise.
•Memenuhi kebutuhan dan kepuasan pelanggan.
•Memberikan produk yang update mengenai fashion masa kini.
1.4 Waktu dan Tempat Bisnis
Toko dunia kado ini akan buka setiap hari dari pukul 08.00 - 21.00.Dibuka setiap hari karena tempat usaha berada di tengah kota yang banyak pengunjung nya, hal ini memudahkan pelanggan untuk mencari lokasi dunia kado tersebut.
BAB II
2.1 profil usaha
Nama Usaha : Toko Dunia Kado
Pemilik Usaha : Akuntansi Pride
Awal didirikan : 16 Agustus 2022
Lokasi Usaha : Jl. Cirendang - Cigugur, Cirendang, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45518
64 m
Nomor telepon : 083120605009
Website Perusahaan : www.theakuntansi.com
Email perusahaan : theakuntansi@gmail.com
2.2 Struktur kepemilikan
Manajer
Tugas-Tugas manajer adalah sebagai berikut :
Pengawasan. Manajer punya wewenang untuk mengawasi dan mengendalikan tim untuk memastikan agar proses berjalan sesuai rencana. Manajer juga bertanggung jawab untuk mengidentifikasi kendala dan hambatan tim serta membantu mereka mengatasinya.
Perencanaan. Seorang manajer bersama jajaran di organisasi merencanakan bagaimana setiap divisi akan bekerja untuk mengembangkan perusahaan dan mencapai tujuan. Perencanaan dapat menyangkut banyak hal, dari soal rencana bisnis, kebutuhan tenaga kerja, target pertumbuhan, hingga penyusunan anggaran.
Evaluasi. Tugas manajer ini terkait dengan evaluasi dan penilaian terhadap proses dan hasil, apakah meleset atau melampaui target. Manajer bertanggung jawab mencari tahu di mana bottleneck dari keseluruhan proses dan apa yang harus diperbaiki. Mereka juga mengevaluasi bagaimana kinerja setiap karyawan dan memberikan penilaian individual.
Pengaturan. Tugas manajer adalah mengatur dan mengelola tim agar sejalan dengan tujuan organisasi. Tanggung jawab ini meliputi perencanaan pekerjaan, pembagian dan pendistribusian tugas ke setiap staf, penetapan target, penyusunan prosedur operasional dan standar kinerja, serta penerapan proses kerja yang efisien.
Kepemimpinan. Ini merupakan tugas manajer yang tak kalah penting. Manajer adalah pemimpin di setiap divisi, sehingga mereka harus mampu memotivasi seluruh anggota tim untuk bekerja mencapai tujuan bersama.
Sekretaris
Tugas seorang sekretaris adalah sebagai berikut :
Seorang sekretaris terkadang dapat mengambil tanggung jawab lebih dari sekadar menjawab telepon dan menerima pesan.
keuangan
Dibawah ini adalah beberapa tugas keuangan :
Menerima, menyimpan, menatausahakan, dan membukukan uang/surat berharga dalam pengelolaannya
Melakukan pengujian dan pembayaran berdasarkan perintah PPK
Menolak perintah pembayaran apabila tidak memenuhi persyaratan untuk dibayarkan
Melakukan pemotongan/pemungutan penerimaan negara dari pembayaran yg dilakukan
Menyetorkan pemotongan/pemungutan kewajiban ke kas negara
Mengelola rekening tempat penyimpanan UP
Menyampaikan Laporan Pertanggung jawaban (LPJ) kepada Kepala KPPN
(kuasa BUN).
Produksi
Kegiatan proses produksi adalah tahap yang harus dilewati dalam memproduksi barang atau jasa. Dalam prosesnya, terdapat proses kegiatan menciptakan atau menambah nilai guna suatu barang untuk memenuhi kebutuhan yang membutuhkan waktu lama dan waktu singkat.
Adapun beberapa tugas yang terlibat dalam produksi seperti :
Public relation (PR)
Public relation adalah penghubung perusahaan ataupun organisasi dengan masyarakat. Sehingga profesi tersebut seringkali disebut dengan humas yang merupakan singkatan dari hubungan masyarakat.
2.3 Lokasi Usaha
Jl. Cirendang - Cigugur, Cirendang, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat 45518,64 m
2.4 Strategi pemasaran
Content marketing
Hal ini dilakukan secara rutin guna menarik minat prospek dan mendorong mereka pada proses pembelian produk atau layanan.
Sosial Media
Seperti : instagram,Shopee, whatsapp, dll
2.5 Analisis SWOT
STRENGTH (kekuatan)
Usaha ini belum banyak yang menjalankan, Apabila pada kota kuningan terdapat toko kado tentu tempatnya akan berjauhan dan tidak mungkin ada pada lokasi yang sama. Hal ini membuat persaingan untuk usaha toko kado ini belum terlalu ketat, peluang yang ada pun masih sangat luas. Inovasi dari toko kado ini pun bisa dijadikan daya tarik untuk para konsumen.
WEAKNESS (kelemahan)
Kendala pada saat menjalankan usaha ini adalah pengetahuan akan barang serta selera pasar yang ada pada saat itu. Untuk kesuksesan pada usaha toko kado ini terletak pada kualitas produk serta kelengkapan produk yang dijual misalnya aksesories, produk kerajinan, mainan anak dan sebagainya.
OPPORTUNITY (peluang)
Persaingan yang masih sedikit. Dengan jumlah pesaing yang sedikit, bisnis yang akan Anda mulai memiliki kesempatan yang besar untuk menguasai pasar.
Dengan adanya kreativitas dan inovasi desain fashion yang Anda lakukan, bisnis baju ini bisa menjadi sukses.
Adanya tradisi lebaran di mana banyak masyarakat yang membeli baju saat lebaran juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.
THREAT (ancaman)
Ancaman tindak kriminal, huru-hara dan ancaman-ancaman lain yang berasal dari luar yang dapat mengganggu bisnis Anda.
risiko dalam mengelola keuangan bisnis Anda, Proses keuangan manual dalam pengembangan bisnis bisa menjadi ancaman karena risiko seperti salah hitung, estimasi, dan juga kehilangan.
Ancaman persaingan. Ancaman ini berupa, produk pesaing yang lebih memberikan manfaat atau bahkan melakukan kampanye yang tidak sehat dalam persaingan.
Umumnya, pada bisnis fashion ancaman yang mungkin saja terjadi adalah risiko persediaan barang.
BAB 3
3.1 Produksi
1). Bucket
2). Hampers
5). Aksesoris
Gelang
Jepit rambut
Ikat rambut
Headset
Jam tangan
Minyak wangi
Anting
Kalung
Cingcin
Kaca
Sisir
Topi
Jeday
Bross
Bandana
Kacamata
Boneka
Tepak nasi
Tumbler
Gelas
Botol
Dompet
Tote bag
Gantungan
Pulpen
Kutek
Jam alarm
Jam dinding
Note book
Paper bag
Jarum pentul
3.2 Peralatan / Bahan
Kertas kado
Kertas craft
Lem tembak
Double tip
Gunting
Box / kardus
Balon
Balon foil
Bunting flag
Boneka
Tali rami
Bunga
Pita
Potongan kawat
Strerofoam
Kertas Cacah
Cutter
Lidi
Kartu ucapan
Kertas neapen
3.3 Kegiatan
Kegiatan awal produksi adalah mulai mengembangkan ide untuk kedepannya serta terjun ke lapangan untuk mengetahui produk seperti apa yang diinginkan oleh konsumen.
Mencari dan menentukan bahan baku sebagai penunjang bahan utama dengan cara melakukan survei langsung ke lapangan. Dalam hal ini, tentunya mencari bahan yang mudah ditemukan dengan harga yang bersaing.
3.4 Proses Produksi
Proses produksi dilakukan dengan menerapkan asas produksi yang higienis, berkualitas agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
Melakukan pencatatan keuangan dengan baik, mulai dari pemasukan dana hingga pengeluaran dana secara rinci dalam setiap hari, bulan, dan tahunnya.
Pembuatan Bucket ( Silvi & Yesa )
Pertama , mempersiapkan peralatan dan bahan yang akan digunakan.
Kedua , mengecek barang yang akan di packing sesuai dengan yang di pesan.
Ketiga , packing dengan hiasan yang diminta customer.
Keempat , finishing
Pembuatan Hampers ( Vira & Windi )
Pertama , mempersiapkan box atau kardus dan peralatan yang dibutuhkan.
Kedua , tata barang sesuai yang dipesan oleh customer.
Ketiga , Packing dengan hiasan yang diminta customer
Keempat , finishing
Bab IV
4.1 modal dan pemasukan
Modal =100.000
Pemasukan = 26.000
4.2 perhitungan harga jual
Paket 1 (wanita)
-Jam tangan 30.000
-Jeday 10.000
-kerudung 15.000
-minyak wangi 20.000
-kartu ucapan 5000
Jumlah harga barang = 80.000
-Box 2000
- tali rami 2000
- Jasa bungkus 10.000
Jumlah paket 1 =94.000
Harga jual = 110.000
Paket 1 (pria)
-Jam tangan 30.000
-parfum 15.000
-kaos 30.000
-kartu ucapan 5.000
Jumlah harga barang =80.000
-Box 2.000
-Tali rami 2000
- Jasa bungkus 10.000
Jumlah paket 1= 94.000
Harga jual = 115.000
4.3 laba dan rugi
Paket 1 wanita
modal awal 94.000
Harga jual 110.000
110.000 - 94.000= 16.000
laba/ untung Rp 16.000
Paket 1 pria
modal awal 94.000
Harga jual 115.000
115.000 - 94.000= 21.000
laba/ untung Rp 21.000
Post a Comment for "PROPOSAL BISNIS DUNIA KADO"