Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Tugas Bahasa Indonesia Observasi

          Ketua: Nurasiyah
                 :Anbiya Nabila Yuda
                 :Sefina Nurlaela
                 :Rismayanti
                 :Shendi H.       
                 :Jihad septiana



 HASIL  OBSERVASI  KELOMPOK 5
                                 Bab.1    PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
      Dalam Undang-undang sistem pendidikan nasional No.20 tahun 2003 dijelaskan bahwa:
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME.berakhlak mulia,sehat,berilmu,cukup,kreatif,mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
     Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan,keterampilan,dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran,pelatihan,atau penelitian.
    Pendidikan berasal dari bahasa latin yang Ducare berarti "menuntun,mengarahkan,atau memimpin" dan awalan e,berarti "keluar".Jadi, pendidikan berarti kegiatan "menuntun keluar.
   Upaya pembaharuan pendidikan sebagaimana yang tertuang di dalam UU Sistem pendidikan nasional tahun 2003,adalah re orientasi pendidikan ke arah pendidikan berbasis kompotensi.
   Fungsi pendidikan secara umum adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak, kepribadian serta peradaban yang bermartabat dalam hidup dan kehidupan atau dengan kata lain pendidikan berfungsi memanusiakan manusia agar menjadi manusia yang benar sesuai dengan norma yang dtetapkan landasannya.
    Tujuan pendidikan nasional adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan YME dan berbudi pekerti luhur,memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
   Untuk melihat dan memudahkan ketercapaian tujuan tersebut, maka dibutuhkan suatu bentuk penilaian/evaluasi.
1.2 Menolak Pendidikan
     Menolak yang digunakan dalam penyususan laporan observasi ini adalah:
1. Studi pasaka,(memperoleh informasi dari buku dan internet)
2. Observasi

1.3 Tujuan Pendidikan
     Tujuan umum penelitian tentang pendidikan ini adalah untuk meningkat kan prestasi belajar siswa dan meningkatkan kinerga guru dalam permasalahan.
1.4 Profil Pendidikan SMK  KARYA NASIONAL KUNINGAN
   Karya Nasional

Logo SMK Karya Nasional
1. Sejarah SMK Karya Nasional :
SMK Karya Nasional merupakan salah satu sekolah swasta yang didirikan pada tahun 1998 oleh Drs. H Dadang Djaka yang merintis sekolah pertamanya didaerah Kuningan - Jawa Barat tepatnya di Jl. Raya Cirendang - Cigugur Kuningan dan mendirikan lagi beberapa cabang sekolah SMK Karya Nasional di kota- kota besar di propinsi Jawa Barat.

2. Tentang SMK Karya Nasional :
SMK Karya Nasional menyediakan berbagai macam sarana dan prasarana untuk seluruh siswa dan siswi, guru-guru beserta stapnya. Sekolah SMK Karya Nasional merupakan sekolah yang didirikan untuk mendidik para siswa-siswinya untuk mendapatkan keahlian-keahlian dibidangnya masing-masing dan untuk menghasilkan para siswa-siswi yang siap kerja.

2.1 VISI DAN MISI
2.1.1 VISI
     
          Menjadi lembaga yang profesional yang menghasilkan lulusan
         "SMART-COMPETENT-RELIGIOUS"

2.1.2 MISI

Memberikan service excelent terhadap stakholder dalam semua aspek sarana prasarana guna mewujudkan tenaga kerja yang produktif
Meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui dukungan IPTEK & IMTAQ
Membekali bakat dasar kepada tamatan untuk mengembangkan dirinya secara berkelanjutan
Meningkatkan kualitas tamatan yang sesuai dengan standar kompetensi nasional (SKN)

2.2 Jurusan yang terdapat di SMK Karya Nasional :

TSM (Teknik Sepeda Motor)
TKR (Teknik Kendaraan Ringan)
TAV (Teknik Audio Video)
TKJ (Teknik Komputer Jaringan)
AK (Akuntansi)
TP (Teknik Permesinan)
Usaha Jasa Pariwisata



2.3 Inilah beberapa perusahaan yang sudah bekerja sama dengan SMK Karya Nasional :
TSM bekerja sama dengan PT. HONDA
TKR bekerja sama dengan PT. SUZUKI
TKJ bekerja sama dengan PT. RELION
Sekolah berkomitmen bahwa lulusan dari SMK Karya Nasional akan disalurkan ke industri-industri dengan membawa keahlian-keahlian yang bermutu dan bernilai tinggi.

2.4 Kita lihat beberapa organisasi dan ekskul yang terdapat disekolah SMK Karya Nasional, yang diantaranya :

Organisasi
OSIS
BANTARA
ENTERPRENEUR

Ekskul
KARNAPAL (Karnas Pecinta Alam)
ENGLISH CLUB
KEPUTRIAN
BADMINTON
VOLLY
FUTSAL
PENCAK SILAT
MODELING
JURNALISTIK
KESENIAN
ROAD RACE
KRIYA
BAND
3. Terdapat 3 cabang sekolah SMK Karya Nasional yang diantaranya :
SMK Karya Nasional Kuningan
SMK Karya Nasional Ciamis
SMK Karya Nasional Majalengka
4. Program Boardingb Class :
Terdapat salah satu program sekolah yang sangat bagus yang mengacu kepada keagamaan dan kepribadian siswa yaitu Program Boarding Class. Program sekolah ini berjalan sudah lama di SMK dan program ini hanya ada satu-satunya di Jawa Barat yaitu di SMK Karya Nasional saja sehingga sekolah ini menjadi sekolah berbasis keagamaan (Religious). Boarding Class ialah pembelajaran tambahan disekolah yang sama halnya dengan pesantren / asrama akan tetapi Boarding Class ini hanya dicukupkan waktu 1 bulan saja dan program tersebut hanya terdapat pada saat kelas 1 saja.

A.Interaksi Guru Dan Siswa Di SMK KARYA NASIONAL KUNINGAN Dalam Pembelaan Di Kelas
    Kelas merupakan sarana atau tempat penyelanggaran pembelajaran dari tinggkat yang paling dini,bahkan sampai ke perguruan tinggi.
  Di kelas guru mengajar seperti hanya menyuapi makanan kepada siswa nya.Siswa harus menerima suapan itu tanpa ada perlawanan,tampa aktif berpikir,orang yang belajar di anggap sebagai individu yang pasif tanpa bisa memberikan keritik apakah pengetahuan yang di terimanya benar atau tidak.Akibat nya,siswa menjadi sangat pasif,tidak kreatif,dan tidak produktif.Bila hal ini tidak segera di atasi maka tidak heran bila pemahanan siswa terhadap pelajaran belum maksimal.

                                 Bab.2 PENUTUP

  kesimpulannya, SMK Karya Nasional adalah salah satu sekolah swasta yang tak kalah hebat dibandingkan dengan sekolah-sekolah lainnya dan juga bisa lebih unggul dari sekolah negeri.

     ••|Sekian dan Terima Kasih|••
               ❤❤

       

Post a Comment for " "